Penonton Film Eksil Berdonasi untuk Palestina, Lola Amaria: Di Film Ini, Orang Terbuang Bicara Jujur

- 8 Desember 2023, 15:14 WIB
Lola Amaria dan poster film Eksil.
Lola Amaria dan poster film Eksil. /Kolase foto tangkapan layar/IG

SELEBRITALK - Lola Amaria menggelar aksi solidaritas untuk Palestina sambil mengadakan pemutaran film terbarunya berjudul Eksil (Exile) di XXI Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2023 malam.

Penonton yang membeli tiket film Eksil akan sekaligus menjadi donatur untuk penggalangan dana bagi Palestina.

Donasi itu berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp41 juta yang langsung masuk ke rekening resmi Bank Mandiri milik Embassy of the State of Palestine.

"Total pengumupulan dana malam ini yang dibacakan tadi ada diangka 41 juta. Tapi (ini) masih terus berjalan dan tidak berhenti di sini. Terpenting bagi kita, mereka sudah mau berdonasi. Bersyukur sekali, banyak yang antusias untuk berdonasi membantu saudara-saudara kita di Palestrina,” kata Lola Amaria usai pemutaran film Eksil.

Baca Juga: Inspiratif! Ini Cerita Nucha Bachri dan Ario Pratomo Terapkan Self-Care di Shopee 12.12 Birthday 

“Mereka (Dubes Palestina) senang dengan pemutaran film Eksi ini. Mereka tahu, banyak orang Indonesia yang men-support kemerdekaan untuk Palestina agar supaya perang ini berakhir. Saya pribadi prihatin dengan banyaknya korban akibat perang ini. Mulai dari wanita, anak-anak, juga bayi. Saya melihat ini pembunuhan terhadap bayi-bayi, seperti ingin menghilangkan generasi di Palestina,” sambung Lola.

Menurut Lola, film Eksil menceritakan tentang khususnya para eksil atau orang-orang yang diasingkan dan tidak bisa kembali ke Indonesia akibat G30S/PKI, menggambarkan kepedihan para eksil yang akhirnya memilih untuk berpindah kewarganegaraan, namun hatinya tetap Indonesia.

“Proses pembuatan film ini panjang dan lama sekali. Untuk bertemu dengan mereka (para eksil) tidak gampang. Saya menggarapnya mulai 2013 sampai 2015. Di tengah perjalanan, ada narasumber yang  meninggal karena memang sudah tua. Karena kondisi itulah akhirnya saya nekat membawa tim ke Eropa selama 3 bulan untuk mengambil dan wawancara mereka semua yang ada di film ini,” terang Lola Amaria.

Baca Juga: Film Petualangan Anak Penangkap Hantu Ajak Anak-anak Taklukkan Takut

Halaman:

Editor: Nini Sunny


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah