Film Lafran Dibintangi Dimas Anggara dan Lala Karmela, Angkat Kisah Pendiri Organisasi HMI Lafran Pane

- 20 Mei 2024, 15:56 WIB
Film Lafran Dibintangi Dimas Anggara dan Lala Karmela, Angkat Kisah Pendiri Organisasi HMI Lafran Pane
Film Lafran Dibintangi Dimas Anggara dan Lala Karmela, Angkat Kisah Pendiri Organisasi HMI Lafran Pane /dok. Reborn Initiative

SELEBRITALK - Tepat di hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2024, MN KAHMI, Reborn Initiative, dan Radepa Studio merilis poster dan trailer resmi film Lafran yang akan tayang serentak di bioskop mulai 20 Juni 2024.

Film biografi Lafran bertutur tentang pahlawan nasional Lafran Pane, pendiri organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Perjuangan Lafran Pane mendirikan organisasi HMI diwarnai menguatnya perdebatan tentang keumatan dan kebangsaan setelah Indonesia merdeka.

Bagi Lafran Pane, mahasiswa adalah kelompok non-partisan dan independen yang bisa menjadi gerakan dalam memperjuangkan semangat keindonesiaan.

Baca Juga: Dimas Anggara Bangga Perankan Pendiri HMI, Lafran Pane di Film Layar Lebar

Lafran Pane merupakan adik dari sastrawan pejuang, Sanusi dan Armijn Pane.

Sanusi dan Armijn Pane menjadi inspirasi perjuangan Lafran kecil sebelum ia pindah ke Jakarta, selanjutnya pindah ke Yogyakarta.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang berdiri pada 5 Februari 1947, pada akhirnya menjadi organisasi kampus terbesar hingga saat ini.

“Ucapan Pak Lafran bahwa saya lillahi ta’ala untuk Indonesia itu semacam semangat dalam memperjuangkan sesuatu dengan cara tidak instan. Semangat ini yang ingin kami bagikan untuk penonton film Lafran,” jelas Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua Presidium MN Kahmi.

Halaman:

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah