Tips Merawat Baju Renang Supaya Tidak Gampang Melar dan Pudar

- 29 Juli 2023, 10:25 WIB
Ilustrasi baju renang wanita
Ilustrasi baju renang wanita /Instagram/@zeezeeshahab/



SELEBRITALK - Bagi Anda yang hobi olahraga air seperti berenang atau menyelam, baju renang merupakan peralatan yang wajib dimiliki. Dengan mengenakan baju renang, aktivitas akan lebih nyaman karena sudah dibuat dirancang sedemikian rupa demi kenyamanan penggunanya. Para produsen juga membuat desain berbeda antara baju renang wanita dan pria.

Desain dan brand baju renang memang berbeda, namun kebanyakan terbuat dari bahan yang stretchy atau mudah melar untuk menyesuaikan dengan tubuh. Dengan bahan yang stretchy ditambah lagi paparan air kolam yang tidak selalu bersih, seringkali membuat baju renang mudah melar dan gampang pudar. Simak di sini tips merawatnya.

Langsung Bilas Setelah Dipakai

Air di kolam renang mengandung berbagai bahan kimia yang bisa membuat baju gampang pudar warnanya. Salah satunya yang perlu diperhatikan adalah klorin atau kaporit. Maka dari itulah, setelah selesai digunakan langsung bilas di air mengalir. Jangan menunggu sampai di rumah.

Apalagi jika Anda sedang berenang di tempat yang umum dan digunakan banyak orang, tidak hanya klorin saja yang diwaspadai, banyak kotoran lain yang bisa menempel. Bisa jadi dari urine, debu, makanan, dan lain sebagainya. Intinya, lebih baik dibilas di air mengalir terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke wadah untuk dibawa pulang.

Baca Juga: SPOILER Queendom Puzzle Mnet Episode 7, Pengumuman Eliminasi Pertama, Nama Grup Proyek, dan 7 Teratas

Langsung Cuci Setelah Digunakan

Seringkali, setelah berenang tubuh terasa lelah dan malas untuk langsung mencuci baju. Namun jika memungkinkan, langsung cuci baju setelah sampai rumah. Meski sebelumnya sudah dilakukan pembilasan, bisa jadi bahan-bahan kimia di dalam baju renang belum hilang dengan baik.

Cara pencuciannya, lebih disarankan untuk menggunakan tangan saja. Jika ada noda cukup berat, bersihkan di bagian tersebut. Pilih deterjen yang ringan ringan saja. Setelah selesai dicuci, peras dengan lembut dan jangan sampai berlebihan. Pemerasan yang berlebihan bisa menyebabkan baju bisa melar dan tidak bisa kembali seperti semula.

Halaman:

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah