Rahasia Pahit untuk Kesehatan di Balik Manisnya Cokelat

- 11 Mei 2024, 08:43 WIB
Ilustrasi cokelat
Ilustrasi cokelat /freepic

SELEBRITALK - Cokelat terbuat dari biji pohon kakao theobroma tropis. Penggunaannya yang paling awal dimulai pada peradaban Olmec di Mesoamerika.

Setelah penemuan Benua Amerika dan Eropa, cokelat menjadi sangat populer di dunia luas, dan permintaannya pun terus melonjak.

Cokelat telah menjadi makanan populer yang telah dinikmati jutaan orang setiap hari karena rasanya yang unik, kaya, dan manis.

Kita sudah banyak tahu, manfaat makan cokelat antara lain menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, mendukung fungsi kognitif, dan banyak lagi.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Namun, penelitian terbaru tentang cokelat ternyata juga memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan, apalagi bila dikonsumsi berlebihan. Berikut pengaruh makan cokelat terhadap kesehatan kita:

Bikin Berat Badan Naik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan pusat lemak tubuh. Namun, cokelat memiliki jumlah kalori yang tinggi karena kandungan gula dan lemaknya.

Siapapun yang sedang mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal sebaiknya membatasi mengonsumsi cokelat.

Halaman:

Editor: Nini Sunny

Sumber: medicalnewstoday


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah