10 Manfaat Teh Bagi Kesehatan, Nomer 5 dan 7 Sungguh Mengejutkan

- 29 Mei 2024, 17:07 WIB
Ilustrasi teh hitam
Ilustrasi teh hitam /Freepik/azerbaijan_stockers

SELEBRITALK - Selama berabad-abad, teh dikenal sebagai salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan kabar baiknya adalah secangkir teh biasa dapat memberikan lebih dari sekedar minuman yang melepas rasa haus.

Ahli gizi terdaftar Kerry Torrens menunjukkan banyak manfaat kesehatan dari minuman populer, yang dihasilkan dengan menyeduh daun muda dan kuncup daun tanaman camellia sinensis dalam air yang baru direbus.

Jenis teh ada beragam, teh hitam, hijau, putih, dan oolong. Masing-masing daun memiliki rasa dan karakteristik yang unik, bergantung pada asal daun dan metode pengolahannya, termasuk apakah daun tersebut difermentasi (hitam), tidak difermentasi (teh hijau dan putih), atau semi-fermentasi (teh oolong).

Nah, apa saja manfaat yang didapat dalam secangkir teh? Simak yuk.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

1. Kaya Senyawa Tanaman Pelindung

Semua jenis teh (baik hitam, putih, hijau, dan oolong) merupakan sumber yang kaya akan senyawa tanaman pelindung, yang disebut polifenol.

Mengonsumsi polifenol ini secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Katekin dalam teh hijau dan theaflavin dalam teh hitam adalah senyawa yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan ini.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Konsumsi teh dapat meningkatkan cara kerja pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

Halaman:

Editor: Nini Sunny

Sumber: Good Food


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah