9 Mitos Tentang Kucing, dari Kucing Hitam Pembawa Sial hingga Pencuri Nafas Bayi

- 1 Juni 2024, 15:34 WIB
Ilustrasi bayi dan kucing saat menjalin hubungan akrab
Ilustrasi bayi dan kucing saat menjalin hubungan akrab /freepic

SELEBRITALK - Hubungan manusia dengan kucing telah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Kisah paling terkenal tentang kucing dan manusia ada pada budaya Mesir kuno. Manusia mengangkat status kucing dari pembantu pertanian menjadi hewan peliharaan.

Orang-orang Mesir kuno juga percaya bahwa kucing memiliki kekuatan magis dan kemampuan untuk memberikan keberuntungan.

Karena itu, kucing mereka bisa jadi mengenakan perhiasan yang tak ternilai harganya, diberi makan makanan terbaik dari hidangan yang sangat lezat, hingga diabadikan dalam seni.

Kucing sangat dihormati sehingga siapa pun yang membunuh kucing bakal dijatuhi hukuman mati. Dari dunia kucing pula kita mengenal beragam mitos. Ini sembilan di antaranya:

Baca Juga: Fashion Show Kucing Hingga Peluncuran Makanan Rasa Pempek Meriahkan World Cat Day

Mitos: Kucing Punya 9 Nyawa

Fakta: Mitos ini kemungkinan besar berasal dari dewa dan agama Mesir, di mana dewa matahari Atum-Ra, salah satu dari Ennead, atau sembilan akan mengambil wujud kucing ketika mengunjungi dunia bawah (bumi).

Selama berabad-abad, kucing terus dianggap ajaib dan mempunyaii dunia lain. Dan ketahanan mereka dalam bertahan hidup saat jatuh dari tempat tinggi dan dikurung dalam waktu lama tanpa makanan terus membuat kita takjub.

Mitos: Ibu Hamil Dilarang Hidup dengan Kucing

Fakta: Meskipun toksoplasmosis berisiko terhadap janin, seorang wanita lebih mungkin tertular penyakit ini saat mereka memegang daging mentah atau menggali di kebun, dibandingkan dekat dengan kucingnya.

Para ibu hamil dapat melindungi diri mereka dari paparan yang berhubungan dengan kucing, misalnya saat membersihkan kotak kotorannya dengan meminta orang lain mengerjakannya.

Halaman:

Editor: Nini Sunny

Sumber: Petfinder


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah