Menjelang Idul Adha, Amalan Puasa Apa Sajakah yang Bisa Dijalankan?

- 5 Juni 2024, 16:25 WIB
Ilustrasi puasa sunnah jelang Idul Adha
Ilustrasi puasa sunnah jelang Idul Adha /Free Pic

SELEBRITALK - Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Dalam bulan ini terdapat ibadah penyempurna agama yaitu ibadah Haji ke Baitullah. 

Menjelang Hari Raya Idul Adha pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang mulia untuk mengerjakan amal shalih dengan berpuasa. 

Menurut Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 3 (Edisi Indonesia), puasa ini diamalkan sebanyak delapan hari pada hari-hari pertama bulan Dzulhijjah.

"Puasa delapan hari sebelum hari Arafah pada bulan Dzulhijjah, bagi pelaksana haji maupun orang lain," tulis buku tersebut.

Disebutkan dalam sebuah hadis yang berasal dari Ibnu Umar RA, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." - (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).    

Puasa Arafah dilaksanakan pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 16 Juni 2024, sebelum Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Usai Makan Daging Kambing? Begini Cara Mengolahnya

Baca Juga: Konser di Malaysia, Melly Goeslaw Secara Spontan Ciptakan Lagu Spesial untuk Palestina

Jenis Puasa di Bulan Dzulhijjah

Untuk pelaksanaannya sendiri, puasa Dzulhijjah dikerjakan selama 9 hari, dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: Nini Sunny


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah