Kasus Dugaan Penggelapan Pajak Shakira di Spanyol Dihentikan

- 12 Mei 2024, 21:00 WIB
Shakira
Shakira /Instagram Shakira

SELEBRITALK - Penyelidikan di Spanyol terhadap dugaan penggelapan pajak dari bintang pop Shakira telah dihentikan pekan ini karena kurangnya bukti, demikian menurut laporan berbagai media setempat pada Jumat, 10 Mei 2024.

Shakira menjadi subjek penyelidikan yang dimulai pada bulan Juli oleh jaksa di Spanyol (di mana, dia mengatakan pindah pada tahun 2015) yang mengklaim dalam kasus ini bahwa dia telah menggunakan serangkaian perusahaan dan tempat perlindungan pajak untuk menipu pemerintah sebesar €6,6 juta dalam pajak tahun 2018 yang terutang.

Shakira sudah membayar pemerintah Spanyol dalam jumlah penuh pada bulan Agustus untuk menyelesaikan utang apapun.

Baca Juga: Shakira Buka Suara soal Album Baru Terlambat karena Mendukung Gerard Piqué

Namun, pada hari Rabu lalu, penyelidik memberitahu pengadilan bahwa kurangnya bukti mendorong mereka untuk meminta agar kasus pidana terhadap bintang pop tersebut dihentikan.

Keesokan harinya, pengadilan setuju bahwa tidak cukup bukti yang disajikan untuk "menyusun suatu [pidana] pelanggaran terhadap otoritas pajak", Shakira tidak memiliki "niat untuk menipu" pemerintah Spanyol, meskipun ada "ketidakberesan" tertentu dalam pengembalian pajaknya, demikian pengadilan menyatakan kasus tersebut.

"Ini mengakhiri kampanye pencemaran yang dilancarkan oleh otoritas pajak, [dan] membuktikan tidak pernah ada perilaku penipuan dari pihak penyanyi,” kata pengacara Pau Molins, seperti yang dilaporkan oleh The Guardian.

Baca Juga: Shakira Umumkan Jadwal Tur Dunia di Festival Musik Coachella Valley

Sang pengacara menambahkan bahwa Shakira sekarang "sangat puas" bahwa [pengadilan] telah mengakui bahwa dia tidak melakukan penipuan pidana apa pun.

Halaman:

Editor: Mambang Yazid


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah