Iwan Fals Ungkap Kiatnya Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

- 30 Mei 2024, 19:00 WIB
Iwan Fals
Iwan Fals /Instagram Iwan Fals

SELEBRITALK - Di balik gemerlap panggung dan lagu-lagu hits yang melekat di hati penggemar, Iwan Fals menyimpan kiat menarik untuk menjaga kesehatannya yang melibatkan seni bela diri dan tradisi herbal.

Musisi legendaris ini berbagi cerita kepada awak media di bilangan Jakarta Pusat, tentang rutinitas yang membuat Iwan Fals hingga kini tetap bugar dan bersemangat.

"Saya karate. Dulu, waktu road show di 10 kota, kita paginya sama teman-teman main karate 2-3 jam," ungkap Iwan Fals dengan semangat. Bagi Iwan, karate bukan sekadar olahraga, tetapi sebuah seni yang mengajarkan disiplin dan ketenangan.

Bahkan saat tur bersama Gaung Merah tahun lalu, Iwan Fals selalu meluangkan waktu untuk berlatih karate setidaknya satu kali setelah konser.

Baca Juga: Genap Berusia 60 Tahun, Iwan Fals Rilis Album Baru yang Sangat Personal

Menariknya, Iwan sering mencari dojo lokal di kota-kota yang ia kunjungi dan berlatih bersama warga setempat. "Itu memberikan pengalaman berbeda dan menambah energi positif," tuturnya.

Selain olahraga, Iwan juga menekuni berbagai aktivitas seni lainnya seperti membaca dan melukis. Baginya, kegiatan tersebut membantu menjaga pikiran tetap jernih dan mengelola stres. “Aktivitas ini memberikan kesenangan tersendiri,” katanya.

Dalam menjaga kualitas suaranya, Iwan Fals mengandalkan ramuan herbal yang telah menjadi tradisi turun-temurun.

“Jeruk nipis sama kecap. Terus kencur, bawang merah, air hangat, diseduh, diminum. Terus kencur pakai garam kadang-kadang, sama vitamin,” jelasnya. Kombinasi bahan alami ini terbukti efektif menjaga pita suara Iwan tetap prima.

Halaman:

Editor: Mambang Yazid


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah