Top 8 Fashion Brand Paling Populer di Dunia Tahun 2021, Nomor 1 Bukan Chanel, LV dan Gucci

- 2 September 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi, Top 8 Fashion Brand Paling Populer di Dunia Tahun 2021.
Ilustrasi, Top 8 Fashion Brand Paling Populer di Dunia Tahun 2021. /Unsplash/

SELEBRITALK - Sebelum masuk pada daftar 8 fashion brand paling populer, kita harus bersepakat bahwa kata ‘top’ adalah sesuatu yang subjektif. 

Apalagi di dunia fashion dan seni lainnya, semua hal yang kita pakai, lihat, atau kagumi merupakan preferensi dari si penikmat.

Meski demikian, ada tolak ukur yang lebih fair yang digunakan sebagai penentu tingkat popularitas suatu brand. 

Yakni dengan mengacu pada nilai kapitalisasi pasar setiap brand. 

Baca Juga: Fashion Show di TikTok, Baju dan Aksesoris yang Dipakai Taylor Swift 'Sold Out'

Dilansir dari brandirectory.com, berikut top 8 fashion brand terpopuler di dunia tahun 2021: 

8. H&M

Ditemukan tahun 1946 oleh Erling Persson di Swedia, H&M berawal dari sebuah toko apparel wanita bernama Hennes yang didirikannya.

Kemudian dua tahun berselang, Persson membeli sebuah toko apparel khusus untuk berburu dan memancing, bernama Mauritz Widforss.

Ketika kedua toko tersebut disatukan, mulailah Persson menjual pakaian pria dan wanita dengan nama toko H&M.

Valuasi H&M di tahun 2021 ini menembus angka Rp176,6 triliun.

Baca Juga: Berawal dari UMKM, Brand Fashion Lokal Asal Bandung Kini Terpampang di Times Square New York

7. UNIQLO

Uniqlo didirikan oleh pengusaha Jepang bernama Tadashi Yanai pada tahun 1984. Nama brand ini pada awalnya adalah ‘Uniclo’ yang merupakan kependekan dari Unique Clothing.

Namun pada tahun 1988 berubah menjadi ‘Uniqlo’ akibat kesalahan input saat mendaftarkan nama brand. Uniknya, para owner tidak mempermasalahkkannya alih-alih melanjutkannya sampai saat ini.

Perusahaan asal Jepang ini bervaluasi sekira Rp186,6 triliun di tahun 2021.

6. ZARA

Perusahaan ini diprakarsai tahun 1975 oleh Amancio Ortega dan Rosalía Mera di Spanyol.

Sampai saat ini, Zara sudah memiliki lebih dari 2000 toko di 24 negara.

Baca Juga: Yourtee, Clothing Brand Lokal yang Masih Eksis Ditengah Pandemi

Perusahaan yang berada di bawah naungan Inditex (retailer apparel terbesar di dunia) ini, pada tahun 2021 bervaluasi sekira Rp187,9 triliun.

5. Chanel

Perusahaan ini dirintis oleh Gabrielle 'Coco' Chanel tahun 1910 di Paris, Perancis.

Coco Chanel awalnya membuka butik kecil yang menjual topi dan pakaian dalam skala kecil, namun sekarang menjadi salah satu brand termahal di dunia.

Selain terkenal akan produk apparel-nya, Chanel juga memiliki reputasi luar biasa pada produk aksesorisnya, seperti: parfum, tas, kacamata, perhiasan, dan juga jam tangan.

Tahun 2021 nilai kapitalisasi pasar Chanel menyentuh angka Rp189,1 triliun.

Baca Juga: Bukan Model Biasa! Babe Cabita dan Marshel Jadi Brand Ambassador Skincare Kecantikan

4. Adidas

Adidas adalah perusahaan asal Jerman yang mendesain dan memproduksi produk-produk footwear (sepatu).

Didirikan oleh Adi Dassler di kota Bavaria, Jerman tahun 1924, tujuan awal Adidas berdiri adalah untuk menyediakan perlengkapan terbaik bagi para atlet masa itu.

Seiring berjalannya waktu, selain footwear, Adidas juga memproduksi produk-produk lain, seperti: tas, pakaian, jam tangan, kacamata, dan pakaian olahraga lainnya.

Di tahun 2021, brand berlogo setrip tiga ini bervaluasi sekira Rp204,8 triliun.

Baca Juga: Jennie BLACKPINK Puncaki Peringkat Reputasi Brand Anggota Grup Wanita di Bulan Agustus

3. Louis Vuitton

Merupakan perusahaan asal Perancis yang didirikan pada tahun 1854 oleh desainer Louis Vuitton. Produk pertama kali yang dipasarkan LV adalah steamer trunk (koper).

Yang unik dari LV adalah setiap produk yang dibuat merupakan handcrafted atau dikerjakan oleh tangan manusia dan masih dipertahankan sampai sekarang.

Brand yang terkenal akan label monogram ‘LV’ ini harus mengalami penurunan nilai pasar sebesar Rp23,2 triliun, menjadi Rp212,2 triliun di tahun 2021.

2. GUCCI

Gucci didirikan di Florence, Italia oleh Gucci Guccio pada tahun 1921.

Baca Juga: 30 Daftar Peringkat Anggota Girl Group Paling Berpengaruh Terhadap Reputasi Sebuah Brand

Brand yang terkenal mewah dan mahal ini menjadikan produk-produk kulit sebagai andalannya.

Tidak hanya itu Gucci juga menawarkan berbagai macam fashion item seperti: sepatu, apparel, jam tangan, dan perhiasan.

Tahun 2021, valuasi perusahaan fashion asal Italia ini turun sekira 12 persen dari Rp251,9 triliun di tahun sebelumnya ke angka Rp222,9 triliun, menjadikan Gucci peringkat ke-2 di daftar ini.

1. Nike

Tahun 2021 menjadi tahun dimana Nike kembali menjadi merk apparel paling berharga untuk ke-7 kalinya, secara berturut-turut.

Baca Juga: Hyun Bin Resmi Jadi Brand Ambassador Asia-Pasifik Pertama Tom Ford Beauty

Perusahaan yang terkenal akan slogannya ‘Just Do It’ ini memiliki nilai kapitalisasi pasar berkisar Rp434,9 triliun.

Valuasi Nike sendiri turun 13 persen. Dari tahun 2020 yang berkisar di angka Rp496 triliun menjadi Rp434,9 triliun.

Hal ini membuat fashion brand asal Amerika ini mantap memposisikan dirinya di peringkat teratas sebagai brand paling populer di dunia tahun 2021.***

Editor: Gilang Kencana C.R


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x