Banjir Kosmetik, Skinproof Gelar Edukasi Soal Pentingnya Kredibilitas Produk Agar Tak Sesatkan Konsumen

- 17 Maret 2023, 20:40 WIB
Banjir Kosmetik, Skinproof Gelar Edukasi Soal Pentingnya Kredibilitas Produk Agar Tak Sesatkan Konsumen
Banjir Kosmetik, Skinproof Gelar Edukasi Soal Pentingnya Kredibilitas Produk Agar Tak Sesatkan Konsumen /Ratih

SELEBRITALK - Industri kosmetik dapat dikatakan merupakan salah satu industri yang resilien di masa pandemi, bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat terdapat kenaikan jumlah perusahaan kosmetik sebesar 20,6% year-on-year (YoY) dari tahun 2021 ke tahun 2022. 

Pertumbuhan revenue penjualan beauty dan personal care mengalami peningkatan di seluruh kategori dengan pertumbuhan tertinggi pada perawatan kulit (skin care) sebesar 29,6%, perawatan rambut (hair care) 21,5%, dan bath & shower sebesar 12,2%, berdasarkan laporan dari Euromonitor Internasional tahun 2022. 

Industri kosmetik yang berkembang pesat ini menyebabkan semakin riuhnya klaim terhadap produk yang berpotensi menyebabkan kebingungan konsumen dalam memilih produk dan menurunkan loyalitas terhadap suatu merek.

Baca Juga: SPOILER Peak Time, Hasil Pemenang Final Collab Battle dan Ranking Saat Ini: VANNER, DGNA, MASC Bersaing Ketat

Skinproof (PT Derma Lab Asia) yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, menggelar diskusi edukatif dengan para beauty enthusiasts mengenai pentingnya kredibilitas produk di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik. 

Skinproof Workshop: The Importance of Product Credibility digelar di kantor pusat Arya Noble, Treasury Tower, SCBD Jakarta pada Kamis, 16 Maret 2023.

“Dengan edukasi yang tepat, masyarakat khususnya cosmetic-enthusiasts akan semakin aware akan pentingnya kredibilitas produk, sehingga dapat memilih produk yang tepat dan bermanfaat bagi kulit,” jelas Alfons Sindupranata, Managing Director Arya Noble.

Baca Juga: Update! Kode Redeem ML (Mobile Legends) Hari Ini 16 Maret 2023 Gratis dari Moonton

“Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti 'membersihkan', 'menghilangkan', 'menyamarkan', atau 'Hypoallergenic', sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi  konsumen dalam memilih produk,” kata Theresia Sinandang S. Farm, Head of Skinproof.

“Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen,” lanjut Theresia.

Di sisi lain, Ike Indrawanti, Cosmetic Scientist menjelaskan, "Dalam menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa mendalam untuk memastikan bahwa kandungan pada produk tersebut memiliki kadar yang tepat untuk memberikan hasil pada penggunanya."

Baca Juga: Boys Planet Mnet Rilis Bocoran 23 Peserta yang Tereliminasi untuk Babak Selanjutnya

Sejak 2017, Skinproof telah dipercaya oleh berbagai merek ternama, seperti White Lab, Somethinc, Erha, dan Paseo untuk melakukan serangkaian riset mulai dari consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi untuk produk kosmetik.***

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x