NewJeans, BLACKPINK, SEVENTEEN, LE SSERAFIM Hingga IVE Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2022 dari Rolling Stone

6 Desember 2022, 17:58 WIB
NewJeans, BLACKPINK, SEVENTEEN Hingga IVE Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2022 dari Rolling Stone /Soompi

SELEBRITALK - Sederet grup KPop seperti NewJeans, BLACKPINK, SEVENTEEN, IVE, dan banyak lagi masuk daftar 100 Lagu Terbaik 2022 dari Rolling Stone.

Rolling Stone kembali meluncurkan daftar akhir tahun untuk 100 Lagu Terbaik 2022.

Awal bulan ini, beberapa album KPop masuk dalam daftar 100 Album Terbaik 2022 versi Rolling Stone.

Pada 5 Desember 2022 waktu setempat, lebih banyak lagi bintang KPop yang disorot sebagai pilihan majalah Amerika untuk lagu-lagu terbaik tahun ini.

Baca Juga: Curtain Call Kokoh di Puncak, Rating Cheer Up dan Behind Every Star Merosot

Lagu Korea dengan peringkat tertinggi adalah lagu hit NewJeans "Hype Boy" dari EP debut self-titled mereka, yang berada di nomor 24.

Kristine Kwak menulis, “Dengan koreografinya yang adiktif dan paduan suara yang menarik – ‘Karena aku tahu apa yang kamu suka, Nak/Kamu adalah bahan kimiaku, bocah hype’ – ini menonjol dari EP pertama yang penuh hit dari NewJeans."

"'Hype Boy’ memungkinkan suara setiap anggota benar-benar bersinar, dan Hanni secara khusus berkontribusi pada lirik lucu yang merangkum cinta muda (‘membuatku mengejar lamunan’)," tambahnya.

"Rekan dan senior NewJeans di industri KPop, seperti Stray Kids, STAYC, TWICE, dan bahkan JYP [Park Jin Young] masih meliput tarian 'Hype Boy' di acara dan konser. RM dari BTS juga baru-baru ini terlihat bernyanyi dan menari bersama untuk penampilan baru-baru ini. Ini adalah jenis fenomena yang memperjelas bahwa NewJeans telah mencapai sesuatu yang istimewa," katanya lagi.

Baca Juga: Kode Redeem ML (Mobile Legends) Hari Ini 5 Desember 2022: Klaim Diamond dan Fragment Hero dari Moonton

Di nomor 35 adalah lagu pra-rilis BORN PINK BLACKPINK “Pink Venom", di mana Rob Sheffield berbagi, “Ketika Rose berteriak, ‘Aku sangat rock & roll,' percayalah pada wanita itu.  BLACKPINK menggebrak pintu dengan hit musim panas mereka 'Pink Venom,' sebuah lagu kebangsaan yang luar biasa menyenangkan yang penuh dengan glam rambut-logam tahun 80-an."

"Bahkan judul lagunya terdengar seperti nama band penghormatan yang memainkan cover Poison dan Def Leppard di bar paling jorok di kota," katanya lagi.

"Ratu BLACKPINK memperingatkan Anda untuk tidak main-main dengan mereka, karena Anda tidak dapat menangani 'Pink Venom' mereka, yang dibanggakan dalam bahasa Korea dan Inggris. Itu memuncak saat Rose mencibir, 'Lihat apa yang kamu lakukan pada kami,' membuktikan bahwa darah buruk adalah bahasa universal," tambahnya.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Hari Ini 5 Desember 2022: Klaim Mora dan Primogems Gratis dari Mihoyo

Sementara “HOT” SEVENTEEN mengambil nomor 38, dengan tulisan Kristine Kwak, “Popularitas SEVENTEEN tumbuh secara eksponensial tahun ini setelah perilisan album studio keempat mereka, 'Face the Sun'."

"Grup Korea Selatan beranggotakan 13 orang yang dikenal memproduksi sendiri, baik dalam penulisan lagu maupun koreografi, diisi album dengan hits seperti 'CHEERS' dan 'Darling', tapi 'HOT', single utama, menjulang di atas mereka semua," tambahnya.

Dia melanjutkan, "Anda tidak bisa menahan diri untuk 'menjatuhkannya seperti panas, panas, panas' ketika Anda mendengar petikan gitar yang terinspirasi dari Wild West yang keluar dari trek."

Mendarat di nomor 53 adalah "After LIKE" oleh girlband KPop IVE.

Kristine Kwak berkomentar, “2022 adalah tahun yang cukup baik bagi girl group di KPop. IVE, meskipun mereka secara resmi memulai debutnya pada Desember 2021, memiliki tahun pertama yang penuh dengan hits, dan memilih antara 'ELEVEN', 'LOVE DIVE', dan 'After LIKE' adalah sebuah perjuangan."

"Tiga bops ikonik berdiri di depan kami; 'After Like' berhasil keluar di atas. Dari ketukan disko-pop, hingga sampel Gloria Gaynor, hingga dance break, hingga adegan kembang api di video musik, 'After Like' menjadi lebih baik dan lebih baik dengan setiap mendengarkan," ungkapnya.

Mengikuti di belakang adalah "Maniac" Stray Kids di nomor 56.

Kristine Kwak menulis, “KPop tidak pernah menjadi tua karena grup selalu bereksperimen dengan suara dan genre baru, dan 'Maniac' Stray Kids layak mendapat pengakuan atas caranya mendorong amplop itu."

"EP keenam grup, 'ODDINARY,' adalah tentang orang-orang 'aneh' yang melanggar norma sosial 'biasa'. Produksi elektronik lagu yang keras dan gelisah membuat tema itu nyata. Pengulangan Felix 'Maniac' di bagian refrein akan membuat Anda 'berputar, menjadi gila', seperti yang dimaksudkan," papar Kristine Kwak.

Di sisi lain "Girls" oleh aespa masuk di nomor 65 dan Kristine Kwak menulis bahwa itu "menangkap suara khas aespa dengan suara bass dan synth yang kuat, memadukan hip-hop dengan sentuhan hyper-pop dan EDM."

Dia menambahkan, “Dengan video musik yang set dan kostumnya lebih mengingatkan pada film blockbuster beranggaran tinggi, grup Korea ini mengungkap lebih banyak cerita mereka."

"Kali ini, para gadis dan avatar digital mereka melanjutkan upaya mereka untuk mengalahkan kejahatan Black Mamba. Namun, Anda tidak perlu mengetahuinya untuk menikmati hit yang menarik seperti ini," katanya lagi.

Solois Korea pertama dalam daftar ini adalah Jin BTS di nomor 68 dengan “The Astronaut", yang ditulis bersama oleh Coldplay dan dirilis sebagai pesan untuk para penggemar menjelang pendaftaran wajib militer Jin BTS.

Kristine Kwak mengatakan, “Liriknya menangkap bagaimana perasaan BTS terhadap penggemar mereka: 'Saat aku bersamamu/Tidak ada orang lain/Aku mendapatkan surga untuk diriku sendiri'."

"Fans pasti akan mendengarkan vokal Jin yang kuat dan pesan yang menyentuh hati di 'The Astronot' selama bertahun-tahun yang akan datang, terutama saat mereka merindukan kehadiran Jin saat dia menyelesaikan tugasnya," katanya lagi.

Di nomor 71 adalah “2 Baddies” oleh NCT 127, di mana Michelle Hyun Kim menulis, “Mobil adalah perlengkapan dalam musik NCT 127, yang menggunakan mesin ramping ini sebagai simbol futurisme, maskulinitas, dan kemajuan teknologi yang sesuai dengan elektro eksperimental mereka -gaya produksi -hip -hop."

"Pada hit terbaru mereka, '2 Baddies', Porsche adalah inspirasi mereka, saat grup beranggotakan sembilan orang ini membual tentang kesuksesan mereka dengan garis bass yang kenyal dan perkusi metalik yang berkelap-kelip," tambahnya.

Dia melanjutkan, "Di antara rap mengalir tentang 'memotong garis' dan ledakan kharismatik. 'Sekarang Anda ingin mengendarai roda ini?' geram pemimpin Taeyong. Grup tersebut mengungkapkan tekad mereka untuk terus berpacu menuju tujuan mereka di 'jalan terbuka yang tertutup putih'."

"Sebagai Haechan dan Doyoung bernyanyi di jembatan iklim: Tujuan mereka selanjutnya adalah bulan, lalu tak terhingga dan seterusnya," tambah dia.

Lagu hit BIGBANG “Still Life” masuk dalam daftar di nomor 73 dan Kristine Kwak berbagi, “Setelah empat tahun yang panjang, BIGBANG akhirnya kembali menghiasi kami dengan lagu soft-rock ini. Ini bukan lagu pesta seperti beberapa lagu klasik favorit penggemar BIGBANG – sebenarnya tidak jauh dari itu dalam hal suara."

"Tapi 'Still Life' memiliki sebagian besar elemen lain yang membentuk lagu BIGBANG yang hebat, dari lirik G-Dragon dan suara yang diucapkan dengan lembut hingga rap T.O.P yang lebih berat dan vokal Taeyang dan Daesung (yang, meski keduanya kuat, mudah dibedakan)," lanjut Kwak.

Dia menambahkan, "Dalam lagu pertama grup sebagai berempat, para anggota merefleksikan karier mereka, yang dimulai pada tahun 2000-an, sebelum KPop menjadi kekuatan global seperti sekarang ini. Meskipun BIGBANG menyanyikan 'Selamat tinggal sekarang untuk masa mudaku tercinta', kami pasti belum siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka."

Peringkat di nomor 75 adalah "ANTIFRAGILE" oleh LE SSERAFIM, yang "benar-benar menaikkan taruhan dengan single yang sangat catchy ini".

Kristine Kwak menulis, “'Anti-ti-ti-ti-rapuh, rapuh' adalah pengulangan yang terngiang-ngiang di telinga kita sepanjang tahun (terutama setelah versi Drake yang ikonik namun ikonik beredar di TikTok). 'Saya sangat menyukainya begitu saya mendengarnya,' kata anggota Huh Yunjin kepada Rolling Stone awal tahun ini."

Solois KPop berikutnya dalam daftar adalah Nayeon TWICE, yang berada di posisi nomor 86 dengan lagu solo debutnya “POP!”

Kristine Kwak berkomentar, “Debut solo Nayeon mengalami tekanan saat ia menjadi anggota TWICE pertama yang bersolo karier setelah tujuh tahun sebagai grup beranggotakan sembilan orang."

"Tetapi anggota tertua grup tersebut melampaui ekspektasi dan menyajikan vokal, rap, pakaian, dan koreografi dengan 'POP!' Dengan semua bakat untuk menjadi hit pop, Nayeon bersandar pada suara permen karet klasik TWICE dan menjadikannya miliknya. 'Kamu berada di bawah kendaliku', dia bernyanyi, menyimpulkan chokehold yang dia dan TWICE miliki di candy pop," lanjut dia.

“Nxde” oleh (G)I-DLE mengambil nomor 88 tempat dengan Kristine Kwak menulis, "Musik mereka tampaknya mendapatkan lapisan kedalaman dan makna baru dengan setiap rilis."

Dia melanjutkan, "Tepat ketika kami berpikir TOMBOY tidak bisa menjadi yang teratas, (G)I-DLE merilis lagu inovatif ini, berdasarkan lirik yang kuat dan aransemen dari pemimpin grup, Soyeon. Anda mungkin berharap lagu berjudul 'Nxde' (diucapkan 'telanjang') menjadi lagu yang seksi dan gerah, tetapi mereka mendefinisikan ulang kata tersebut untuk menekankan gagasan menjadi diri sendiri yang paling sejati dan paling sederhana."

"Dengan melodi yang diambil dari opera tahun 1875 'Carmen' dan referensi ke Marilyn Monroe dalam lirik dan videonya, 'Nxde' membahas objektifikasi wanita dengan cara yang jarang dilakukan oleh girl grup KPop," sambungnya.

Entri KPop terakhir dalam daftar tahun ini adalah “That That” oleh PSY ft Suga BTS di nomor 93.

Michelle Hyun Kim menulis, “Pada ‘That That', single utama dari album pertama yang dirilis di bawah labelnya sendiri, PSY memadukan semangat pemberontak koboi dengan pemain sandiwara klasiknya. Dipicu oleh riff terompet Meksiko yang terdengar riang di irama tarian yang diproduksi oleh Suga BTS, lagu ini adalah perayaan tanpa henti untuk menyukai apa pun yang Anda inginkan."

"Sebagai lawan dari getaran baik PSY, produser-rapper BTS ini menawarkan syair pelintir lidah yang berapi-api yang mendorong 'tamparan ringan' pembenci Anda dan diakhiri dengan referensi kurang ajar ke KPop tahun 90-an," tambahnya.

"Dipasangkan dengan koreografi pemenang, yang menampilkan gerakan tembak-menembak dan tarian ‘tembak’, lagu ini mengambil tempatnya sebagai yang terbaru dalam rangkaian hit global PSY," tambahnya lagi.***

Editor: Oktra Zulhaedah

Sumber: Soompi

Tags

Terkini

Terpopuler