Pilunya Istri YouTuber Asal Palestina Oday Al Akhraas, Jadi Tahanan Kota Usai Dikriminalisasi Rekan Bisnis

- 9 April 2024, 20:49 WIB
YouTuber Oday Al Akhraas dan Ayuk Aida
YouTuber Oday Al Akhraas dan Ayuk Aida /Dok. Oday Al Akhraas

SELEBRITALK - Ayuk Aida, istri YouTuber asal Palestina, Oday Al Akhraas mendapat cobaan berat pada ulang tahunnya kali ini. Dia menjadi terdakwa dan berstatus tahanan kota berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jember usai dikriminalisasi mantan rekan bisnisnya.

Ayuk Aida mengaku dituding melakukan penggelapan tabungan haji senilai Rp20 juta. Laporan dugaan penggelapan itu dibuat oleh mantan rekan bisnisnya, ER. Hal yang membuat Ayuk merasa miris hatinya, karena ia baru saja merayakan ulang tahun, tepatnya pada Jumat 5 April 2024.

"Ulang tahun ini sungguh amat luar biasa. Saya merasa dikriminalisasi sedemikian rupa. Nota eksepsi saya pun ditolak hakim dengan alasan pengembalian uang pada pelapor dianggap sebuah trik. Seolah kasus Rp20 juta ini rasa Rp20 miliar, bahkan Rp200 triliun," ungkap Ayuk Aida melalui keterangannya, Selasa 9 April 2024.

Akibat kasus ini sejumlah agenda dan pekerjaan Oday Al Ahras dan Ayuk Aida terganggu dan terancam batal. Di antaranya adalah rencana umrah pada April 2024 ini, dan mengirimkan bantuan kemanusian ke Palestina.

Baca Juga: Terhimpun Rp4,7 Miliar, FMI Bekerjasama dengan TNI AL untuk Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Sementara dalam kasus ini, Ayuk Aida merasa tak melakukan pelanggaran apapun. Bahkan, kuasa hukum Ayuk, Dina Aprillia, mengungkap sejumlah kejanggalan dari beberapa kali persidangan. Misalnya, dakwaan jaksa ke Ayuk berbeda dengan BAP dari polisi.

"Saya yakin pertolongan Allah SWT. Kezaliman akan terbongkar dan kebenaran segera terungkap. Kado kecil yang saya harap dari milad saya ini adalah kebebasan hukum. Kado besarnya, saya dan Bang Oday diizinkan terbang langsung ke Palestina," terang Ayuk Aida.

Sementara itu, Oday Al Akhras yang selama satu bulan menjadi imam salat dan penceramah saat Ramadan di Jakarta, terus mendukung serta mendoakan istrinya di Jember agar tetap sabar dan tangguh melewati ujian ini.

"Saya tahu betul upaya kriminalisasi mereka pada istri saya sejak awal. Sebelum roadshow, saya menghadiri dua kali proses sidang istri. Kejahatan yang mereka tuduhkan jauh lebih dahsyat dari kekejaman tentara Israel kepada keluarga saya di Gaza," kata Oday.

Halaman:

Editor: Aris Danu Cahyono


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah