TXT Dituduh Plagiat, Sutradara Iklan Burberry Angkat Bicara

11 Mei 2021, 20:56 WIB
TXT dituduh plagiat, sutradara iklan Burberry angkat bicara. /Soompi

SELEBRITALK - TXT yang akan comeback pada 31 Mei 2021 mendatang. Dan hari ini, Selasa, 11 Mei 2021, TXT mengunggah video trailer konsep The Chaos Chapter: FREEZE melalui laman YouTube HYBE LABELS.

Namun tak lama setelah perilisan, seorang netizen di komunitas online mengungkap kemiripan video trailer TXT tersebut dengan iklan Burberry.

Netizen tersebut mengemukakan kemiripannya dalam unggahannya, menunjukkan kesamaan konsep dalam 2 video tersebut. Antara trailer TXT dan iklan keduanya menyertakan konsep cuaca yang unik, dengan bongkahan es dan hujan es yang jatuh dari langit.

Tampilan lain dari trailer konsep TXT yang baru dirilis ini, pemirsa dapat melihat bongkahan es yang tertinggal di belakang personel TXT, yang akhirnya diindikasikan sebagai plagiat.

Baca Juga: MOA, Siap-Siap Sambut Comeback TXT!

Sementara versi iklan Burberry, terlihat bongkahan es besar yang jatuh dari langit saat para model menari di jalanan dengan mengenakan pakaian Burberry. 

Setelah melihat cuplikannya, netizen lainnya lantas sependapat bahwa trailer TXT memiliki kemiripan dengan iklan rumah mode ternama dunia yang dibuat tahun 2020 itu.

Pro dan kontra akhirnya muncul dan karena timbul kegaduhan akibat tuduhan plagiat ini, salah seorang netizen segera menuliskan pesan lewat akun Instagram Charles Brisgand, sang sutradara iklan Burberry.

Baca Juga: Naver Tutup VLIVE Tahun 2022, Fandom K-Pop Protes

Dalam DM Instagram, netizen itu bertanya apakah dia telah melihat trailer konsep TXT dan bagaimana perasaannya tentang hal itu mirip dengan karyanya.

Sebagai tanggapan, Charles Brisgand menyatakan bahwa dia tidak mengetahui cuplikan TXT, tetapi dia tidak mempermasalahkan pekerjaan mereka karena terbukti bahwa itu terinspirasi dan tidak sepenuhnya dijiplak.

“Hai! Aku senang melihatnya ahah. Ini jelas terinspirasi tetapi saya tidak keberatan. Warnanya tidak sama, lebih banyak film aksi dengan gaya anime dan ada ide lain di dalamnya. Dan saya tidak tahu apakah Burberry akan keberatan karena ini bukan untuk merek fashion. Terima kasih telah berbagi,” tulis Charles Brisgand, melalui pesan Instagram yang dilansir dari Koreaboo pada 11 Mei 2021.

Baca Juga: SM Entertainment Umumkan EXO Comeback dengan Album ‘Don't Fight The Feeling’, Catat Tanggalnya!

Sebagai sutradara yang membuat iklan Burberry tersebut, Charles Brisgand tidak lupa menjelaskan secara objektif bahwa ada beberapa hal yang membedakan karyanya dengan video trailer TXT itu.

Setelah muncul kegaduhan ini, HYBE, yang dulunya dikenal sebagai Big Hit Entertainment, belum menanggapi tuduhan ini. Tapi untunglah dengan adanya respon dari Charles Brisgand setidaknya bisa meredam semua rumor maupun reaksi negatif di masa yang akan datang.

Video trailer konsep The Chaos Chapter: FREEZE berdurasi 3 menit 43 detik itu menimbulkan sensasi menegangkan di mana para personel TXT melawan musuh yang tak terlihat saat mereka bertarung melawan elemen es.***

Editor: Yuni Gatsurini

Tags

Terkini

Terpopuler