Pre Order Album BLACKPINK Laku 2 Juta, TWICE 1 Juta! Ini Saatnya Pertarungan Sengit Girl Group KPop

31 Agustus 2022, 05:38 WIB
Pasar Musik Korea dipeuhi persaingan super grup wanita /Kbizoom

SELEBRITALK - BLACKPINK meraih angka penjualan pre-order sebanyak 2 juta, sementara TWICE 1 juta. Para girl group KPop secara nyata bertarung dengan ketat sungguh-sungguh

Girl Group KPop papan atas seperti BLACKPINK dan TWICE sedang melakukan pertarungan penjualan album dengan sengit.

Bahkan bukan hanya BLACKPINK dan TWICE yang berhadap-hadapan dalam pertarungan penjualan album ini, IVE, SNSD, dan NewsJeans juga memasuki kancah “perang” yang sama.

BLACKPINK, IVE, SNSD, TWICE, dan NewJeans sama-sama berjuang menaklukkan berbagai tangga musik dan melaporkan penjualan album mereka dan terkesan saling berjuang memecahkan rekor satu sama lain.

Baca Juga: Melampaui BTS, Taylor Swift, hingga Nicki Minaj, BLACKPINK Jadi Artis Paling Banyak Disebut di MTV VMA 2022

Pada tanggal 25 Agustus 2022, YG Entertainment, agensi BLACKPINK, mengumumkan bahwa album penuh ke-2 BLACKPINK 'BORN PINK' telah melampaui 2 juta pre order, membuat rekor tertinggi untuk artis KPop wanita.

Agensi menjelaskan, bahwa sangat mungkin bisa terjadi, album pre order BLACKPINK akan terjual lebih dari 3 juta copy, mengingat masih ada waktu beberapa minggu tersisa hingga tanggal rilis.

Sementara single pra-rilis BLACKPINK 'Pink Venom', yang diedarkan pada 19 Agustus 2022 sudah menjadi hits global.

Baca Juga: Shin Hye Sun Beri Donasi 100 Juta Won untuk Bantu Anak-anak Korban Banjir

Pink Venom menjadi lagu KPop pertama yang menduduki puncak Spotify Top Songs Global Chart selama 3 hari berturut-turut, sementara video musiknya telah mencatat 180 juta views.

Selain itu, BLACKPINK memfilmkan MV untuk lagu utama album mereka pada 24 Agustus, dan pada 28 Agustus tampil di MTV VMA 2022, yang diadakan di New Jersey, AS.

Bersamaan dengan comeback BORN PINK, tur dunia BLACKPINK diperkirakan akan memiliki jumlah penontoh melebih 1,5 juta penonton.

Di sisi lain, album baru TWICE juga telah melampaui 1 juta pre-order.

Baca Juga: Link Nonton Resmi KKN di Desa Penari, Siap Ketemu Badarawuhi di Rumah?

Ini diumumkan oleh JYP Entertainment, agensi TWICE, pada 25 Agustus 2022, dengan mengatakan bahwa TWICE memecahkan rekor mini-album ke-11 mereka yakni 'Between 1 and 2' yang melampaui album grup sebelumnya 'Formula of Love' dengan 300.000 copy.

Penjualan album TWICE terus meningkat, dan grup ini terpilih sebagai artis wanita KPop dengan penjualan album terbanyak menurut data kumulatif 10 tahun yang dikumpulkan oleh Circle Chart (sebelumnya dikenal sebagai Gaon Chart).

Pada Desember 2020, TWICE juga memegang rekor penjualan album 10 juta copy di Korea dan Jepang.

Baca Juga: Dita Fakhrana Resmi Menikah dengan Rino Yosiaki di Singapura, Awal Pertemuan Saat Latihan Golf Tahun Lalu

'Between 1&2' adalah album yang didedikasikan untuk penggemar yang berisi cerita antara fandom, ONCE dan TWICE.

Judul lagu, 'Talk that Talk' dari TWICE tampak menyelaraskan suara retro dan trendi dengan lirik yang penuh dengan cinta.

'Between 1 and 2' dan 'Talk that Talk' dirilis pada tanggal 26 Agustust 2022 lalu, dan TWICE telah memulai kegiatan promosi mereka melalui YouTube Live dan acara musik terkenal Amerika, MTV Fresh Out Live.

Baca Juga: Harsa Mahardika, Cetuskan Bandung Jadi Ibu Kota Musik Demi Kembalikan Ekosistem Musik Bandung

Sementara itu, sejak Agustus 2022 "Girl Group Battle" telah berlangsung di tangga musik Korea. Girlband KPop legendaris SNSD (Girls' Generation) melakukan comeback mereka pada awal Agustus.

Sementara grup rookie HYBE, NewJeans telah menciptakan sensasi dengan berbagai pencapaian yang menakjubkan.

IVE, juga baru saja comeback dengan 'After Like' setelah kesuksesan besar 'LOVE DIVE', yang juga menyapu bersih tangga lagu.

Baca Juga: Lineup Kedua KCON 2022 Jepang, Ada TXT, ATEEZ, fromis_9, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, ATBO, hingga MC Minhyun

Catatan ini memperlihatkan, industri KPop terus bergeliat dan berjuang untuk saling “unggul”, bukan hanya di kandang sendiri.

KPop telah melebar ke seluruh dunia, terutama “menduduki” dan menguasai tanggal lagu dan pasar musik Amerika.***

Editor: Nini Sunny

Sumber: KBIZoom

Tags

Terkini

Terpopuler