SELEBRITALK - Billboard, sebuah perusahaan media Amerika yang terkenal dengan tangga lagu dan berita musiknya, memulai babak baru di Korea Selatan dengan peluncuran Billboard Korea.
Menurut Korea Herald, Billboard Korea sebagai anak perusahaan akan meliput industri musik Korea secara luas.
CEO Billboard Mike Vans mengumumkan pada hari Senin 15 April 2024 bahwa Billboard menyadari pentingnya KPop dan K-music bukan hanya sebagai genre musik, namun sebagai gerakan budaya yang terus melampaui batas dan mendefinisikan ulang lanskap industri hiburan global.
“Dengan tim jurnalis dan penggemar musik kami yang berdedikasi baik dari AS dan Korea, kami siap untuk lebih memperkuat keindahan K-music melalui platform dan konten industri terkemuka di Billboard,” kata Vans saat konferensi pers yang diadakan di Seoul.
Peluncuran Billboard Korea dijadwalkan pada bulan Juni tahun ini. “Billboard Korea bertujuan untuk menjadi duta budaya dan tujuan utama musik dan budaya Korea dengan bantuan kehadiran digital dan sosial Billboard,” kata Kim Yuna, penerbit Billboard Korea.
Billboard Korea berencana tidak hanya menerbitkan majalah bulanan, tetapi juga membuat konten orisinal yang dapat didistribusikan ke seluruh salurannya.
“Di Billboard, kami memiliki ekosistem dinamis yang mampu menciptakan konten bermerek yang melibatkan artis dan penggemar, untuk didistribusikan di situs web kami serta semua platform sosial kami,” kata Vans.
Menurut Kim, Billboard Korea akan bekerjasama dengan kantor pusat Billboard di Amerika Serikat.