Kim Seon Ho Harus Bayar Penalti 200 - 300%? Pihak Iklan: Diam 3 Hari Artinya Tak Bisa Diandalkan

- 26 Oktober 2021, 05:35 WIB
Kim Seon Ho Harus Bayar Penalti 200 - 300%? Pihak Iklan: Diam 3 Hari Artinya Tak Bisa Diandalkan
Kim Seon Ho Harus Bayar Penalti 200 - 300%? Pihak Iklan: Diam 3 Hari Artinya Tak Bisa Diandalkan /Soompi

SELEBRITALK – Produsen dan biro iklan akhirnya menjelaskan mengapa aktor drama Korea Hometown Cha Cha Cha, Kim Seon Ho dihapus dari iklan begitu cepat.

Bahkan sebelum dia mengaku sebagai aktor K, pelaku skandal aborsi.

Pada 17 Oktober 2021 (KST), seorang wanita Korea anonim inisial A bercerita tentang skandal aborsi yang dilakukan aktor K.

Sekitar dua hari setelah pengungkapan skandal itu, baik agensi SALT Entertainment maupun aktor K, yang ramai diduga Kim Seon Ho tersebut tidak segera menanggapi spekulasi online yang berkembang.

Baca Juga: Drakor Young Lady and Gentleman Raih Rating 30,4 %, Berikut Cara Nonton Gratis dan Sinopsis Episode 3, 4, 5

Media Korea secara kolektif melaporkan bagaimana agensi SALT Entertainment dan aktor K sama-sama tidak dapat dihubungi.

Beberapa merek yang didukung oleh aktor tersebut segera bersikap tegas. Mereka sontak menghapus foto Kim Seon Ho dari situs web dan platform media sosial mereka.

Klien iklan seperti platform belanja online 11Street, merek perawatan kulit La Roche Posay, merek pakaian luar ruangan Nau, dan Domino's Pizza semuanya segera menghapus Kim Seon Ho.

Baca Juga: Balas Haters saat Konser, Jungkook BTS Panen Pujian ARMY dan Netizen

Penggemar Kim Seon Ho kemudian menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana merek-merek ini "bertindak tergesa-gesa ketika tidak ada yang dikonfirmasi."

Namun, dalam sebuah wawancara dengan Sports Chosun, seorang perwakilan dari salah satu merek yang terlibat dengan Kim Seon Ho berkomentar bahwa keputusan itu tidak hanya didasarkan pada rumor atau berita skandal yang merebak saja.

“Ketika skandal itu pecah, kami mencoba menghubunginya atau agensinya sepanjang hari. Kami membutuhkan jawaban tetapi tidak mendapatkannya. Kami tidak mengerti mengapa dia menghilang. Dia seharusnya menjelaskan situasinya dan kita bisa mengambil keputusan bersama,” jelas perwakilan sebuah produk.

Baca Juga: SPOILER! Chungha Akan Tampil di Final 'Street Woman Fighter' Mnet bersama LACHICA

Kurangnya komunikasi menjadi faktor pendorong bagi pihak klien atau iklan untuk menghentikan kerjasama dengan sang aktor.

“Reputasi Kim Seon Ho tidak sepenting keandalannya. Diam selama tiga hari, dia menjadi tidak dapat diandalkan untuk bekerjasama. Ketenaran datang dengan tanggung jawab tambahan,” tegas produk yang mengontrak Kim Seon Ho sebagai bintang iklannya.

Pihak iklan melihat Kim Seon Ho tidak memiliki kepedulian dan tanggung jawabnya sebagai model yang diikat oleh kontrak.

“Kami langsung menyadari bahwa tidak mungkin untuk terus bekerja dengannya. Reputasi Kim Seon Ho tidak akan penting lagi, jika sikapnya begitu,” tambahnya.

Baca Juga: BABAK BARU! Ungkok alias OP B Ungkap Mantan Pacar Kim Seon Ho Idap PCOS, 'Paksa' Tak Gunakan Kondom

“Kami harus bisa mempercayainya sebagai model iklan. Tetapi karena dia menangani krisis dengan nol profesionalisme dan dia tidak dewasa, kami tidak punya pilihan selain mempertimbangkan kembali kelanjutan kontrak kami. Kami memperkirakan bahwa akan sulit baginya untuk membangun kembali kepercayaan dengan merek lain juga,” tegas perwakilan produk tersebut.

Berdasarkan info, Kim Seon Ho telah menghasilkan ₩400 juta KRW (sekitar $ 340.000 USD) hingga ₩500 juta KRW (sekitar $ 425.000 USD) per produk pada tahun 2021.

Kini, aktor tersebut berhutang hingga ₩5,00 miliar KRW (sekitar $ 4,25 juta USD) atau sekitar Rp60 miliar.

Baca Juga: MASIH BERLANJUT! Akun Ungkok alias OP B Muncul Kembali dan Ungkap Hal Baru Terkait Kim Seon Ho

Sekitar 10 produk iklan akhirnya membatalkan kesepakatan mereka dengan Kim Seon Ho setelah skandal ini.

Produk atau pihak pengiklan Korea Selatan menjelaskan mereka memang harus cepat menanggapi skandal yang menghantam model atau bintang iklannya.

Sebab dari sudut pandang bisnis, skandal apapun akan memainkan dampak langsung pada penjualan mereka.

Baca Juga: Petisi Meminta Huening Bahiyyih Kep1er Keluar Diunggah di Website Blue House, Netizen Geram

Baca Juga: NCT 127 Rilis Favorite, Winwin WayV Justru Sibuk Debut di Drama China Ru Yue

Dan mereka ingin meminimalkan kemungkinan efek sampingnya. Dalam kontrak kerjasama dengan model juga telah dijelaskan tentang hal tersebut.

Seperti 'klausul moral’ yang mengikat kedua belah pihak untuk tidak terlibat skandal apapun. Implementasinya juga bervariasi menurut periode kontrak dan situasi yang dihadapi.

Hukuman putus kontrak, sang model iklan harus membayar penalti antara 200-300% dari royalti. Begitu juga dengan Kim Seon Ho.***

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah