Buat Penggemar Khawatir, HYBE akan Rilis Photocard BTS, TXT, ENHYPEN Berbentuk NFT dan Inilah Penjelasannya

- 5 November 2021, 10:20 WIB
Buat penggemar khawatir dan beri kritik, HYBE akan rilis photocard berbentuk NFT dan inilah penjelasannya.
Buat penggemar khawatir dan beri kritik, HYBE akan rilis photocard berbentuk NFT dan inilah penjelasannya. /Mb

SELEBRITALK - Kemarin, HYBE mengadakan briefing perusahaan mereka yang bertajuk ‘2021 Briefing With The Community’ melalui siaran langsung untuk dihadiri oleh para penggemar.

Briefing yang dilakukan HYBE sendiri membahas banyak pembaruan tentang rencana masa depan perusahaan, yang melibatkan grup saat ini seperti BTS, TXT, dan ENHYPEN, serta grup pria dan grup wanita masa depan.

Sementara penggemar sangat antusias dengan sebagian besar pembaruan HYBE, terutama yang melibatkan Naver Webtoon baru BTS, TXT serta ENHYPEN, beberapa berita membuat penggemar khawatir.

Dilansir Selebritalk.com dari Koreaboo, selama siaran langsung, Bang Si Hyuk (juga dikenal sebagai Bang PD dan Hitman Bang) mengumumkan bahwa HYBE akan masuk ke teknologi blockchain.

Baca Juga: Berdasarkan Riset SnapCart 2021, Berikut E-Commerce Terbaik di Indonesia!

Bang Si Hyuk berbagi bahwa HYBE sangat bersemangat untuk berinovasi dan mengembangkan pengalaman penggemar yang lebih besar.

Dia melihat peluang dalam topik hangat cryptocurrency. Jadi, HYBE bermitra dengan perusahaan yang fokus pada teknologi inovatif.

"Setelah perenungan yang mendalam, kami telah menemukan perusahaan mitra yang mendukung visi HYBE dan nilai-nilai yang dijunjung HYBE, dan melalui usaha patungan yang didirikan di bawah kemitraan strategis akan menciptakan bisnis yang akan segera menjadi kenyataan," ungkap Bang Si Hyuk.

Baca Juga: DK SEVENTEEN Dituding telah Menggunakan Trik untuk Membeli Real Estate di Gangnam Korea

Mitra baru HYBE, Song Chi Hyung, Ketua Dewan Direksi Dunamu, memperkenalkan dirinya sebagai “pengusaha yang memimpikan inovasi industri, seperti Ketua Bang Si Hyuk.”

Dia menekankan visi bersama karena tema acara HYBE adalah “tanpa batas.” Dia mengklaim itu adalah kata yang “dengan tepat mewakili nilai-nilai yang juga dikejar Dunamu.” Perusahaan Dunamu sendiri berfokuskan untuk menyatukan keuangan dengan teknologi.

Dalam briefing tersebut, ternyata kedua perusahaan ini berencana untuk bermitra bersama untuk mengembangkan bisnis NFT di bawah perusahaan patungan baru. Ini akan memungkinkan konten berbasis IP artis menjadi aset digital bagi penggemar.

Baca Juga: Tutorial Vote NCT Dream Nominasi Worldwide Fans Choice Top 10 MAMA 2021, Merapat yuk NCTzen!

"Topik hangat industri fintech tahun ini pasti NFT, atau token non-fungible. Saya pikir kata 'irreplaceable' digunakan di salah satu lagu BTS. Irreplaceable, artinya sesuatu yang unik dan unik," Song Chi Hyung

Song Chi Hyung menjelaskan secara detail tentang NFT. Pada dasarnya, ini akan menghilangkan kemungkinan "produk palsu."

Meskipun penggemar ragu-ragu untuk menyambut “produk” baru ini, Bang Si Hyuk dan Song Chi Hyung yakin mereka siap untuk itu.

Baca Juga: Mnet Lagi-Lagi Dikritik Usai Taemin dan Key SHINee Gagal Masuk Nominasi MAMA 2021

Bang Si Hyuk pun menjelaskan rencana mereka untuk NFT dengan lebih sederhana. Dia mengeluarkan salah satu barang dagangan yang paling dikenal untuk penggemar selain album, yakni photo card.

Nantinya, photo card yang menggunakan teknologi NFT  tidak hanya sekedar foto selfie, namun foto para artis HYBE akan bergerak dan ada audionya, juga akan diakses secara digital.

Akan tetapi, para penggemar saat mendengar hal tersebut, menjadi khawatir dan memberi kritik kepada HYBE karena tidak konsisten dengan visi mereka dan BTS yang ramah akan lingkungan.

Baca Juga: Tutorial Vote Stray Kids Nominasi Worldwide Fans Choice Top 10 MAMA 2021, Merapat yuk Stay!

Awalnya, alternatif digital untuk album fisik dan kartu foto tampaknya lebih baik bagi lingkungan karena produk fisik dapat memberikan dampak yang bertahan lama di planet kita. Sayangnya, alternatif yang disebutkan ini tidak lebih baik.

Sebelumnya, NFT (non-fungible token) adalah jenis cryptocurrency, atau berupa benda digital yang bisa dalam bentuk apa saja seperti data, musik, gambar, teks, dan lainnya, yang dapat dibuat dan dibagikan di internet.

Setelah itu, benda NFT ini kemudian dijual secara online, biasanya dengan jumlah uang yang tinggi, yang akhirnya pembeli bisa memiliki barang unik ini.

Baca Juga: Link Nonton Gratis dan Spoiler One the Woman Episode 15: Terungkap Sekretaris Kim Eun Jung Adalah Kang Mi Na!

Tentu, para pembeli dapat menyalin/menempel, mengunduh, tangkapan layar, dan secara teknis memiliki konten yang sama dengan aslinya. Dalam hal ini, pembeli akan memiliki 100% konten asli dan otentik daripada salinan.

Dengan dicetak, NFT kemudian berisi kode identifikasi unik mereka. Anggap saja seperti sidik jari atau DNA yang membedakan kita dari seseorang bahkan jika mereka meniru penampilan luar kita. Masih ada satu-satunya kamu.

Saat NFT dijual, NFT tidak lagi dimiliki oleh pembuat aslinya. Pembeli pada dasarnya kemudian memiliki "hak meniru dan menipu," dan nilainya dapat meningkat seiring waktu.

Baca Juga: Tutorial Vote NCT 127 Nominasi Worldwide Fans Choice Top 10 MAMA 2021, Merapat NCTzen!

Sementara, bagi banyak orang, kedengarannya keren dan "inovatif," itu memang membawa konsekuensi, yang membuat banyak penggemar khawatir daripada bersemangat seperti yang diharapkan Bang Si Hyuk.

Mempertimbangkan jumlah karbon yang dikeluarkan, itu tidak dapat diabaikan. Menurut QUARTZ, "Selama siklus hidupnya, NFT rata-rata akan menghasilkan jejak 211 kg CO2 yang menakjubkan, setara dengan mengemudi 513 mil di mobil bertenaga bensin khas AS."

Sekarang, dengan diperkenalkannya NFT oleh HYBE, penggemar BTS, TXT, dan ENHYPEN menghadapi dilema yang sama. Banyak yang menyuarakan keprihatinan mereka di media sosial.

ARMY pun telah memunculkan kembali utas Tumblr yang menjelaskan masalah NFT lebih jauh dengan analogi yang sempurna.

Baca Juga: Minhyuk MONSTA X Marah Kepada Penggemarnya yang Terus Menelepon Saat V Live

Jadi, jelas, NFT tidak hanya inovatif. Mereka sebenarnya buruk bagi lingkungan, sehingga pada kenyataannya, mereka tidak inovatif. Sebaliknya mereka benar-benar dapat merusak masa depan, yang sepenuhnya bertentangan dengan gagasan inovasi.

ARMY juga mengemukakan fakta bahwa itu tampaknya tidak konsisten dengan pesan HYBE. Artis mereka, terutama BTS, secara teratur berbicara tentang perubahan dunia, dampak lingkungan, di antara masalah sosial.

Pada bulan September lalu, BTS berbicara tentang banyak topik penting di Majelis Umum PBB (UNGA) ke-76 sebagai utusan khusus presiden untuk Presiden Moon Jae In.

J-Hope menyinggung dua isu dunia yang relevan namun kontroversial saat ini, seperti vaksinasi untuk COVID-19 dan perubahan iklim.

Baca Juga: CJ ENM Dikabarkan akan Menggarap Remake 'Crash Landing On You', Netizen Auto Penasaran

Tidak hanya itu, mereka bahkan mengenakan jas dari merek fashion berkelanjutan RE;CODE di acara tersebut. Merek tersebut mengungkapkan, “Desain setelan (BTS) ini bertujuan untuk mendukung mode berkelanjutan, dan ini dirancang khusus untuk pidato BTS di Perserikatan Bangsa-Bangsa.”

BTS secara konsisten mengomunikasikan kepedulian mereka terhadap masalah dunia, seperti perubahan iklim, bahkan dalam kesepakatan sponsor merek mereka. Pada 2019, mereka menjadi duta global ABB FIA Formula E Championship, balapan yang hanya menggunakan mobil listrik.

Demikian pula, Hyundai Motor Group memilih untuk berkolaborasi dengan BTS karena kesamaan visi ramah lingkungan. Baru tahun ini, keduanya merayakan Hari Bumi dengan meningkatkan kesadaran untuk hidup berkelanjutan.

Kehidupan pribadi anggota BTS juga mencerminkan komitmen mereka untuk hidup ramah lingkungan juga. Bahkan, leader BTS, RM, tidak menggunakan peralatan plastik sekali pakai pada saat memesan makanan. Mereka juga bersemangat dalam melakukan daur ulang.

Meskipun mereka telah menjadi duta merek mobil meskipun seperti yang disebutkan listrik, banyak anggota memilih untuk bersepeda daripada mengambil mobil, mengurangi emisi karbon.

Hanya dalam beberapa hari terakhir, baik RM dan Jin berbagi dengan ARMY bahwa mereka sedang bersepeda pulang setelah pulang kerja.

Mengemudi mobil dengan kecepatan 100 mil sebenarnya melepaskan 20% emisi yang dihasilkan oleh penjualan NFT rata-rata.

Sepertinya para anggota tidak menyadari semua hal yang melibatkan perusahaan mereka dengan pertumbuhannya.

ARMY berharap HYBE akan mengevaluasi kembali rencananya sehingga pesan perusahaan dan artisnya konsisten.***

Editor: Yuni Gatsurini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah