Peringati Hari Bumi, Gerakan 'PilahDariSekarang' Diharapkan Mampu Perangi Penumpukan Sampah Plastik

- 19 April 2024, 15:02 WIB
Peringati Hari Bumi, Gerakan 'PilahDariSekarang' Diharapkan Mampu Perangi Penumpukan Sampah Plastik
Peringati Hari Bumi, Gerakan 'PilahDariSekarang' Diharapkan Mampu Perangi Penumpukan Sampah Plastik /dok. Yayasan Wings Peduli

SELEBRITALK - Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Yayasan Wings Peduli mengajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan "PilahDariSekarang".

Dalam upaya ini, ratusan karyawan dilibatkan untuk memilah sampah di kantor, dengan menghadirkan fasilitas dan support system yang dibutuhkan karyawan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengungkapkan bahwa partisipasi publik secara masif merupakan kunci untuk mengurangi penumpukan sampah, khususnya plastik.

Baca Juga: Gerakan Mengumpulkan Sampah Plastik From Trash to Treasure Warnai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024

"Kami terus mengajak masyarakat Jakarta untuk memilah sampah dari sumbernya, sebagai awal pengelolaan sampah dari hulu ke hilir, sejalan dengan Peraturan Gubernur No.77 tahun 2020 mengenai Pengelolaan Sampah Lingkup RW," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat 19 April 2024.

"Selain itu, gerakan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Persampahan yang melibatkan banyak pemangku kepentingan seperti mulai dari perusahaan produsen plastik, perusahaan makanan dan minuman, pegiat lingkungan hingga akademisi juga diharapkan semakin masif. Semoga inisiatif 'PilahDariSekarang' ini bisa semakin meluas dilakukan oleh seluruh warga Jakarta,” tambah Asep Kuswanto.

Memilah sampah berdasarkan kategori, merupakan tahap awal di lingkup rumah tangga untuk memulai proses daur ulang plastik di skala yang lebih besar, yakni tahap “Koleksi”.

Baca Juga: Peringati HPSN 2024 Sektor Pendidikan dan Lingkungan Kolaborasi Kelola Sampah Tutup Botol Jadi Produk Recycled

Gerakan PilahDariSekarang terus mengedukasi masyarakat melakukan 3 langkah “KPS” yakni KENALI bahan baku sampah, PILAH berdasarkan kategori, dan SETOR ke Bank Sampah.

Halaman:

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah