Selebritas Korea Bersaing Ketat Jadi Duta Merek, Siapa yang Paling Tidak Pantas Menurut Netizen?

13 Agustus 2023, 08:55 WIB
Mereka populer, mereka pantas menjadi duta merek produk mewah /Allkpop

SELEBRITALK - Dalam industri entertaintmen Korea hari ini, seorang aktris/penyanyi/musisi bisa langsung menjadi ikon fashion dunia. Jika mereka punya lagu dan filmnya popular, ia bisa langsung menjadi model dari merek mewah tertentu dan berfungsi sebagai simbol status dan pengaruh.

Belakangan ini sejumlah merek mewah bersaing ketat untuk mendapatkan model dari selebritas terkenal. Namun kenyataan tersebut mendapat perhatian khusus di antara para penggemar.

Mereka ada yang memprotes karena kadang ada  ama yang baru melejit sekali, langsung menjadi ambassador merek mewah dan bergengsi.

Baca Juga: Kim Taehyung BTS Resmi Menjadi Duta Besar Cartier

Jennie BLACKPINK dianggap sebagai seorang selebritas KPop yang memulai tren merek mewah setelah ia kokoh sebagai idola KPop. Begitu pula seluruh member BTS; Jungkook, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan RM.  

Sekarang, bahkan grup KPop baru muncul seperti NewJeans bisa mewakili banyak merek mewah.

Misalnya, kelima anggota NewJeans menjadi duta untuk berbagai merek mewah hanya dalam waktu 4 bulan setelah debut resmi mereka.

Tren ini tidak hanya terbatas pada grup wanita karena banyak nama  dalam KPop maupun Kdrama berhasil mendukung banyak merek mewah.

Baca Juga: Wooyoung 2PM, Eunkwang BTOB, dan Young K DAY6 Akan Produseri Acara Karaoke Survival Mnet

Dan anehnya, menjadi brand ambassador mewah adalah ukuran kesuksesan dan popularitas baru di dunia KPop dan Kdrama.

Namun tidak semua idol bisa menjadi brand ambassador mewah. Di masa lalu, kompetensi perusahaan hiburan bergantung pada kemampuan mereka untuk mendorong artis mereka ke berbagai program TV.

Sekarang, ini semua tentang mendapatkan dan memperbarui kontrak dengan merek-merek mewah. Orang dalam berkomentar, "Menjadi duta merek mewah menjadi semakin penting. Semakin banyak manajer yang menjangkau merek karena sering dianggap sebagai kesuksesan idola."

Baca Juga: Daftar Pemain dan Sinopsis Moving, Serial Superhero Disney+, Ada Han Hyo Joo, Ryu Seung Ryong, dan Jo In Sung

Fans di sosial media berdebat menentukan siapa yang boleh.menjadi brand ambassador:

Saya tidak menentang seorang idola menjadi brand ambassador asal terus berkarya di musik atau berkarya di drama. Fokus utama para idola seharusnya adalah kariernya. Tetapi akhir-akhir ini, tampaknya mereka lebih menghargai dukungan merek, tetapi mengabaikan dunia kariernya.”

“Saya mengerti ini adalah masa baru yang kita jalani, tetapi pada masa itu, para idola membuat kemitraan dengan merek dan merilis lagu bersama. Itu masih terjadi, karena IVE dan NewJeans merilis lagu dengan Pepsi dan Coke, tetapi tidak sesering sebelumnya. Blackpink, misalnya, memiliki banyak kesepakatan dukungan, dan seingat saya, tidak ada yang datang benar-benar dengan musik atau drama. Pada titik ini, mereka lebih seperti model atau influencer daripada penyanyi."

“Industri bergerak bodoh dalam pengertian itu. Jika kesuksesan seorang musisi diukur dengan merek, sejujurnya itu sangat merendahkan. Mereka musisi bukan model. Pemodelan bisa menjadi pekerjaan sampingan, bukan prioritas.”

“Tidak masalah jika BLACKPINK keluar dengan musik yang lebih sedikit, tetapi beberapa lagu mereka sangat populer dan sukses secara historis, ini bukan tentang kuantitas, ini tentang kualitas dan popularitas lagu mereka. Ditambah dengan hanya beberapa lagu mereka masih menjadi girl group KPop terbesar di dunia.”

“Salah satu hal paling menyedihkan yang dipopulerkan di KPop. Merek-merek mewah adalah scam dan menjadi kurang populer sampai beberapa idola mulai menggunakan getaran 'kaya'. Merek-merek mewah dinilai terlalu tinggi."

“Itu adalah tanda kesuksesan palsu. Itu hanyalah jadwal lain untuk menambah gaya hidup seseorang yang membuat mereka hampir tidak bisa beristirahat dengan baik. Perusahaan mulai menjual ini, dan influencer Instagram mencari idola untuk membuat pemasaran lebih murah untuk mereka. Itu tidak menguntungkan idola dalam karier mereka dengan cara apa pun."

"Anak saya kecewa karena idolanya tidak menjadi duta merek tertentu. Saya mendengar anak-anak mengatakan bahwa seseorang adalah duta Chanel tetapi kemudian melakukan perbuatan memalukan, bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga citra dari merek yang dipakainya.”***

Editor: Nini Sunny

Tags

Terkini

Terpopuler