Aksi Penggemar KPop di 6 Negara: Menyerukan Greenwashing di Lokasi Fashion Week

- 26 September 2023, 15:40 WIB
Aksi Penggemar KPop di 6 Negara: Menyerukan Greenwashing di Lokasi Fashion Week
Aksi Penggemar KPop di 6 Negara: Menyerukan Greenwashing di Lokasi Fashion Week /dok. Kpop4Planet

SELEBRITALK - Pada hari pertama dimulainya Paris Fashion Week pada Senin, 25 September 2023, penggemar KPop (Kpopers) melakukan aksi di enam kota besar dan menyerukan bahwa merek mewah, seperti Chanel, Celine, Dior, dan Saint Laurent untuk berhenti melakukan “K-washing", yang memiliki makna menyembunyikan lemahnya komitmen iklim mereka di balik kekuatan bintang idola KPop.

“Blackpink dikenal dengan advokasi lingkungannya pada COP26. Kami sangat bangga dengan Blackpink dan berharap merek-merek mewah yang bekerjasama dengan Blackpink tidak menggunakan image baik tersebut untuk melakukan greenwashing tanpa menunjukkan aksi iklim yang nyata dan berani untuk lingkungan,” ujar Jevon, anggota dari fanbase Blackpink, Blink Official Indonesia.

Sebagai bagian dari kampanye KPop 4 Planet yang bertema “Unboxed: High Fashion, High Carbon”, kami menampilkan tuntutan serta pesan penggemar dengan truk MobileLED yang telah berkeliling di enam kota besar seperti New York, London, Paris, Tokyo, Seoul, dan kini di Jakarta.

Baca Juga: Jisoo dan Jennie BLACKPINK Dilaporkan Mendirikan Agensi Masing-masing

KPop 4 Planet adalah organisasi iklim untuk dan dari penggemar KPop yang mencintai Bumi dan idola KPop mereka. Melalui kampanye ini, ribuan penggemar menuntut komitmen iklim yang lebih besar dan berani dari merek-merek mewah untuk memerangi krisis iklim.

“Merek mewah berlomba-lomba menggunakan idol KPop untuk menargetkan konsumen dari generasi muda, khususnya penggemar KPop – tapi sebagai penggemar yang peduli dengan lingkungan dan akan mewarisi bumi ini, kami bertanya-tanya mengapa merek mewah justru tidak menunjukkan tanggung jawab untuk melindungi lingkungan,” kata Dayeon, juru kampanye KPop 4 Planet di Korea Selatan.

“Inilah mengapa penggemar KPop menuntut merek mewah mengurangi emisi mereka dengan berhenti menggunakan batu bara dan beralih ke 100 persen energi terbarukan, bukan hanya di toko dan kantor, tetapi di seluruh rantai pasoknya,” lanjut Dayeon.

Baca Juga: Payung Teduh, Nania, Hingga Sara Fajira Ramaikan Album Kolaborasi antar Generasi (KOLAGEN)

Dengan menggunakan truk MobileLED, KPop 4 Planet menggunakan slogan dalam setiap kampanye, seperti “Penggemar KPop peduli lingkungan", "Merek mewah tunjukkan cintamu untuk lingkungan secara nyata!”, dan “High fashion, greenwashing gak bikin keren".

Truk-truk tersebut muncul di landmark populer kota-kota besar seperti Times Square di New York, Eiffel Tower di Prancis, Monas di Jakarta, serta di pusat perbelanjaan, di mana terdapat toko-toko merek mewah seperti Gucci, Dior, dan Louis Vuitton.

Selain muncul di landmark, truk tersebut juga berkeliling di distrik mewah masing-masing kota, di mana ribuan pembeli dan penjual dapat melihat pesan penggemar KPop, termasuk tuntutan untuk merek high fashion agar beralih ke 100 persen energi surya dan angin untuk produksi mereka.

Aksi ini menandakan pertama kalinya penggemar KPop melakukan solidaritas iklim skala internasional dengan mencakup fanbase global seperti Blackpink France, Blackpink Mexico Union, Blackpink Costa Rica, Jisoonation, Blink Official Indonesia, dan BTS ARMY Indonesia Amino.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Bisnis UMKM, Fitur Shopee Live Jadi Pilihan Banyak Pelaku Usaha Lokal

Pada Agustus tahun ini, penggemar KPop (bersama dengan KPop 4 Planet dan organisasi iklim dari Australia, Action Speaks Louder) merilis penilaian terhadap komitmen iklim dari empat merek mewah seperti Chanel, Celine, Dior, dan Saint Laurent, yang direpresentasikan oleh member Blackpink sebagai duta mereknya.

Keempat merek mewah tersebut dinilai gagal dalam komitmen iklimnya, dengan Saint Laurent - dimiliki oleh Kering - di posisi terbaik dengan nilai “buruk", Celine dan Dior, yang dimiliki oleh konglomerat LVMH bernilai “sangat buruk”, dan Chanel yang dimiliki pribadi berada di posisi terendah dengan nilai “sangat buruk sekali".

Kampanye KPop 4 Planet ini bertujuan mendorong merek high fashion untuk berkomitmen dalam penggunaan 100 persen energi terbarukan di rantai pasok mereka pada tahun 2030, menetapkan target pengurangan emisi secara absolut sebesar 43-48 persen pada 2030, dan memberikan transparansi kepada publik dalam laporan rantai pasoknya.***

Editor: Oktra Zulhaedah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah