SELEBRITALK - Reputasi BTS dan IU masih kuat sebagai model iklan dari brand nasional dengan reputasi internasional.
BTS dan IU menduduki posisi pertama dan kedua, disusul Lim Young Woong, dan Yoo Jae Suk.
BTS dan IU masih jawara untuk peringkat sebagai model iklan. Hal ini terungkap dalam daftar peringkat reputasi merek untuk model iklan di bulan Agustus 2022.
The Korean Business Research Institute (Institut Penelitian Bisnis.Korea) telah merilis Peringkat 50 Teratas dari Model Iklan, spesial untuk bulan Agustus 2022.
Menurut pengumuman tersebut, tak diragukan lagi, BTS menduduki peringkat teratas, melampaui IU yang bertengger di peringkat kedua.
Kemudian ada solois pria Lim Young Woong yang menempati.posisi ke-3.
Untuk sekedar mengingatkan, Lim Young Woong adalah penyanyi trot, salah satu genre musik pop Korea Selatan.
Genre musik ini disebut trot karena memiliki tempo 2/4 dan 3/4 yang diambil dari musik fox trot untuk pengiring dansa ballroom.
Trot punya kemiripan dengan musik enka atau kayokyoku asal Jepang.
Sementara itu, Yoo Jae Suk duduk aman di posisi ke-4. Nama ini dikenal sebagai komedian dan pembawa acara televisi.
Ia sudah berusia 50 tahun, dan sudah menjadi host di berbagai variety show, termasuk “Infinite Challenge”, “Running Man”, “Happy Together”, dan “Hangout With Yoo”.
Dan di posisi ke-5, hadir Son Heung Min, seorang pesepakbola profesional yang bermain sebagai pemain sayap klub Premier League, Tottenham Hotspur.
Ia juga dikenal sebagai kapten dari tim nasional sepakbola Korea Selatan. Son Heung Min sering disebut ikon budaya Korea Selatan.
Baca Juga: 12 Gaya Rambut V BTS Paling Ikonik, Kalian Paling Suka yang Mana, ARMY?
Ditentukan Banyak Faktor
Peringkat model iklan dari para selebritas ini ditentukan oleh banyak faktor, yakni berdasarkan analisis partisipasi merek konsumen, media, komunikasi, indeks komunitas, dan lain-lain, dengan mengekstraksi 30.945.362 big data merek model iklan dari 15 Juli hingga 15 Agustus 2022.
BTS mencatat indeks reputasi sebesar 2.498.060, menunjukkan kesenjangan yang cukup signifikan dengan IU di posisi nomor 2 (indeks reputasi merek 1.913.772) dan nomor 3 Lim Young Woong (indeks reputasi merek 1.346.122).
Selain itu, dibandingkan dengan angka 2.321.403 yang tercatat pada bulan Juni, indeks reputasi merek BTS meningkat sebesar 7,61% pada bulan Agustus, meningkatkan peringkat keseluruhan mereka dari tempat ke-3 menjadi ke-1.
Meski kini BTS menghentikan sementara kegiatan grup dan berfokus pada solo karier, tetapi dampaknya secara keseluruhan grup masih kuat.
Istilah dengan peringkat tertinggi dalam analisis tautan BTS adalah "aktif", "fokus", dan "model".
Kata kunci dengan peringkat tertinggi terkait BTS adalah 3 merek yang mereka dukung, yaitu "Samsung Galaxy", "Lotte Xylitol", dan "Coway".
Rasio positif-negatif BTS keluar menjadi 90,81% reaksi positif.
Menurut industri periklanan, BTS mendapat penghasilan dari satu iklan antara 3 miliar hingga 5 miliar won ($2,59 hingga $4,31 juta).
Angka ini tercatat sebagai angka terbesar dalam sejarah periklanan di Korea Selatan.
Inilah Top 30 dari Peringkat Model Iklan Bulan Agustus, Adakah idolamu di dalamnya?
1. BTS
2. IU
3. Lim Woong Muda
4. Yoo Jae Suk
5. Son Heung Min
6. Gong Yoo
7. Son Seok Gu
8. BLACKPINK
9. Kim Yuna
10. Kim Jong Kook
11. Lee Chan Won
12. Kang Daniel
13. Cha Eun Woo ASTRO
14. SEVENTEEN
15. Lee Jung Jae
16. Girls' Generation / SNSD
17. Jung Woo Sung
18. IVE
19. aespa
20. Lee Sang Min
21. Hong Hyun Hee
22. Kim Tae Ri
23. Oh My Girl
24. TWICE
25. Lee Byung Hun
26. Lee Hyo Ri
27. Yoona SNSD
28. Jung So Min
29. Park Seo Joon
30. PSY.***